Tuesday, December 15, 2015

Beternak Burung Kenari

Tags

Burung kenari atau Serenius Canarius akhir-akhir ini semakin banyak digemari. Kenari berasal dari kepulauan Canaria yang merupakan wilayah Spanyol. Hal yang menarik dari burung kenari adalah suara,postur tubuh,dan warnanya. Burung kenali dapat diternakan dengan tujuan meraup keuntungan. Meskipun cara berternak kenari dikatakan gampang-gampang susah. Namun berternak kenari mampu menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Bahkan, kenari yang telah dimaster (telah diajari untuk bernyanyi) memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Pehobi kenari berani merogoh kocek yang cukup besar untuk mendapatkan kenari yang dapat bernyanyi sesuai yang diinginkannya. Apalagi yang sudah pernah jadi juara kontes perlombaan. Bagi pehobi kenari, kesenangan yang diperoleh dari kenari tidak dapat dinilai dengan uang. Kenari dengan harga berapapun akan dibeli apabila cocok dengan yang diingini pehobi kenari.

Jenis-Jenis Kenari
-Kenari Norwich
Merupakan jenis kenari yang memiliki bulu tebal. Bentuk badan kenari ini bulat dengan dada bidang pendek dan lebar.
- Kenari Cinnamon
Burung kenari ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich
-Kenari Border
Kenari ini yang paling populer berasal dari perbatasan Inggris dan Skotlandia
- Kenari Lancashire
Kenari ini adalah jenis kenari terbesar di Inggris dan sudah jarang ditemukan karena sudah dipersilangkan untuk mendapatkan keturunan yang baik dan besar
Dan masih banyak lain jenisnya mari kita belajar cara membuat kandang burung kenari. Hal ini perlu diperhatikan karena dalam bertenak kenari adalah kandang. Bentuk dan ukuran kandang yang tepat sangat menentukan keberhasilan beternak kenari. Bentuk kandang sebaiknya kotak atau persegi panjang dengan ukuran kandang perawatan 40cm x 40cm x 80cm. Ukuran kandang terlalu kecil akan mengakibatkan berkicau jadi malas karena terlalu sempit. Kenari akan menjadi gemuk dan rawan terserang penyakit karena kurang gerak. Pada pembuatan kandang suhu lingkungan (suhu lingkungan kandang) juga harus diteliti.untuk suhu kenari antara 23 derajat Celcius sampai 27 derajat Celcius.
Selain itu kandang kenari juga harus aman dari gangguan serangga, tikus juga harus diperhatikan. Untuk menanggulangi agar tidak panas maka ruangan untuk penempatan kandang harus diberi ventilasi dan jauh dari asap polusi agar udara sekitar kandang mengalir dengan baik dan suhu ruangan jadi lebih nyaman. Penentuan posisi ventilasi juga harus hati-hati agar angin tidak berhembus langsung ke arah kandang ternak juga perhatikan agar terlindungi dari gangguan cuaca.
Adapun pembuatan kandang sebaiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
-Kaki kandang sebaiknya tidak diberi roda, tetapi langsung kayu atau besi dengan cara pemindahan diangkat hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengantisipasi semut.
-Diantara kandang satu dengan yang lainnya diberi sekat penutup agar setiap pasangan tidak terganggu
-Bentuk kandang yang tidak saling menggabung karena apabila tergabung akan menyulitkan penanganan ternak kenari.
Selain kandang juga dalam berternak kenari harus mempertimbangkan pakan dan vitamin agar lebih sehat dan baik dalam reproduksinya. Jenis-jenis makanan yang harus diberikan seperti Biji Kenari, Biji Lobak, Milet Putih, Milet Merah, Biji Sawi dan Biji Niger. Semua itu dapat dibeli ditoko atau penjual pakan hewan. Mungkin itu sedikit ulasan yang dapat saya berikan untuk para pehobi kenari untuk bacaan selanjutnya akan saya ulas dilain topik terima kasih.
Baca Juga Genghis Khan Split Channel Bandwith Motor Fast Without Cost Carburetor Setting Configuration Webhtb Ubuntu Securing Mikrotik From DDOS Setting Connections Invalid Click Adsense Membuat Game Sederhana Bermain Gitar Cara Mendaftar Google Adsense Cara Memelihara Aglaonema Budidaya Aglaonema Mastering Burung Beternak Burung Kenari Manfaat Sayur Dan Buah Cara Berhenti Merokok Cara Merawat Motor Asma Hiperemesis Graviadrium Tetanus Diabetes Rheumatik Tuberculosis Diare Kota Banyumas Hidup Sehat Meringankan Windows Memperbaiki File Membuat Batu Bacan Membuat Blog Seal Online Instal Komputer Dan Laptop Dragon Nest Age Of Empire II