Wednesday, December 16, 2015

Memelihara Aglaonema

Tags


Perawatan yang baik adalah kunci agar aglaonema tumbuh subur daun mulus dan berwarna mengkilap. Hal tersebut yang perlu diperhatikan adalah media tanam, penyiraman,pemupukan dan penempatan. Penting pula untuk menjaga sanitasi lingkungan agar tanaman tetap sehat, terutama musim hujan.
1. Tahap Perawatan Aglaonema

Tanaman aglaonema tumbuh baik dalam keadaan yang terlindung dan mendapat sinar matahari secara tidak langsung yaitu perkiraan sekitar 30-45%. Kondisi lain yang diperlukan antara lain Temperatur 17,5 derajat Celcius sampai 20 derajat Celcius kelembapan 50%.
2. Media Tanam
Keberhasilan merawat aglaonema ditentukan oleh media. Media yang baik ber-pH netral antara 6,5-7. Tidak boleh gampang hancur dan porous. Dapat digunakan campuran antara humus daun dan pasir dengan perbandingan 3:1. Atau campuran antara sekam (4 bagian),cocopeat (1 bagian) dan pasir (1 bagian). Dapat pula menggunakan sabut kelapa halus,humus dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.
3. Penyiraman
Pada prinsipnya aglaonema tidak suka air berlebihan, tetapi butuh air dalam jumlah yang cukup untuk kehidupannya. Dosis frekuensi penyiraman disesuaikan dengan kondisi media. Idealnya sehari sekali dengan dosis yang secukupnya saja. Namun ketika musim kemarau bisa 2 sampai 3 kali dalam sehari.
4. Pemupukan
Agar tumbuh optimal aglaonema butuh unsur hara baik makro maupun mikro. Ada beberapa pupuk yang dapat dipakai antara lain hyponex,vitablon,gandasil dan growmore. Dosis pupuknya disesuaikan dengan aturan yang tertera dilabel. Untuk memacu pertumbuhan tambahkan vitamin B sebanyak 0,5ml/liter air.
5. Penempatan
Aglaonema butuh tempat yang teduh, idealnya lokasi berintensitas cahaya 30-40%. Jika terlalu panas daun akan mudah terbakar dan kurang indah. Lokasi yang baik diteras rumah atau ruangan dalam dekat jendela. Sebagai tanaman hias didalam ruangan aglaonema sebaiknya dikeluarkan seminggu sekali. 
6. Sanitasi
Tindakan sanitasi meliputi kebersihan lingkungan, memedia dari alat kerja. Media yang sudah padat didangir secara teratur agar kelembapan dan aerosi tetap terjaga.